Seri Kajian Mengenal Manhaj Salafush Shalih #02


💡Tambahan Penjelasan tentang Definisi Salaf

Pada awalnya, yang dimaksud dengan generasi salaf adalah generasi sahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in. Namun, karena pada masa kehidupan mereka (terutama masa tabi’in dan tabi’ut tabi’in) mulai timbul berbagai sekte (kelompok) sesat seperti Khowarij, Rofidhoh, Qodariyah, Mu’tazilah dan Murji’ah, maka selanjutnya istilah salaf ini mempunyai dua pengertian:

Pertama, sisi qudwah (keteladanan). Artinya, yang dimaksud dengan istilah salaf adalah tiga generasi pertama Islam yang disebut sebagai Al-Qurun Al-Mufadh dholah (tiga generasi mulia) yaitu generasi shahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in.

Kedua, sisi Manhaj. Artinya, salaf tidak terbatas pada tiga generasi utama saja, namun juga mencakup setiap muslim yang mengikuti manhaj mereka sampai hari akhir nanti. Siapa saja yang mengikuti pemahaman dan jejak langkah tiga generasi utama, maka ia bisa disebut sebagai salaf atau pengikut salaf.

Syaikh Muhammad ‘Abdul Hadi Al-Mishri berkata, “Salaf berarti istilah yang dipakai untuk paraimam terdahulu dari tiga generasi pertaman yang diberkahi dari kalangan sahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in yang desebutkan dalam hadits rasulullah,’Sebaik-baik generasi adalah...’ setiap otg yang beriltizam dengan akidah, fiqih dan ushul para ulama tadi , maka ia dinisbahkan kepada salaf juga, sekalipun antara ia dengan mereka ada perbedaan ruang dan waktu. Sebaliknya, setiap yang menyelisihi mereka tidak disebut sebagai salaf sekalipun ia hidup diantara mereka dan dikumpulkan oleh ruang dan waktu yang sama.” (Ma’aalimu ‘l-Intilaaqoh Al-Kubro ‘Inda Ahli ‘s-Sunnah wa ‘l-Jamaa’ah hal. 57, Darul Wathon, cet. VIII, 1413 H)

(POTRET SALAFI SEJATI Meneladani Kehidupan Generasi Pilihan, hal. 19, Tim Ulin Nuha, Penerbit Al-Qowam, cet. I, Oktober 2017)

*Kajian ini ditujukan untuk mengenalkan apa itu manhaj salafush sholih kemudian dapat menjadikan salafush sholih menjadi panutan dalam beribadah kepada Allah Ta’ala. Bukan kemudian menjadikan kita mengklaim bahwa kita paling salaf atau paling nyunnah.

JALINAN KELUARGA DAKWAH

  ════ ❁✿❁ ════

🌍Tlegram. https://telegram.me/MI_JKD

📧 Milis : http://bit.do/JalinanKeluargaDakwah

📡 Radio Streaming: radiotamhid.com

🌎Website: keluargadakwah.com

☎ CP : 021-29479346

📮 Rek Dakwah: BSM 702 963 6529 a.n: Eko Febrianto QQ JKD

📞 Gabung Grup WA: +62 812 9367 4756

No comments:

Post a Comment