Seri Kajian Mengenal Manhaj Salafush Shalih #01



Definisi Manhaj

a.  Secara Bahasa, kata manhaj berasa dari kata dasar nahaja-yanhaju-nahjan-manhajan, artinya jalan yang terang dan jelas. Seperti dalam firman Allah Ta’ala:

لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا

“...Untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang...” (Al-Maaidah: 48)

b. Secara Istilah, kata manhaj bermakna cara atau metode untuk mengetahui kahikat suatu ilmu atau permasalahan dengan perantaraan beberapa kaidah (rumus). Atau secara ringkas bisa dikatakan, metode untuk membahas masalah tertentu.

Definisi Salaf

a.       Secara Bahasa

Ibnu Manzhur berkata,”Salaf merupakan jamak dari kata salif... Salif artinya orang yang terdahulu sesuai urutan waktu (pendahulu, nenek moyang). Salaf artinya jama’ah (kelompok) pendahulu. Salaf juga bermakna para pendahulu kita dari bapak-bapak dan kerabat kita yang secara umur dan kemuliaan lebih tinggi dari kita.” (Lisanul ‘Arob IX/159)

b.      Secara Istilah syar’i

Salaf adalah para sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in dan seluruh Umat Islam yang mengikuti jejak mereka dengan baik hingga hari kiamat, di mana keadilan dan kebersihan dirim mereka telah diakui oleh umat secara ijmak. Di samping itu, mereka pun tidak pernah tertuduh melakukan bid’ah yang meyebabkan kekufuran atau kefasikan.

Definisi Manhaj Salafush Shalih

Maka yang di maksud mengikuti manhaj Salafush Sholih artinya mengikuti metode generasi sahabat, tabi’in, dan tabi’ut tabi’in dalam memahami makna Al- Qur’an dan As Sunnah.

(POTRET SALAFI SEJATI Meneladani Kehidupan Generasi Pilihan, Tim Ulin Nuha, Penerbit Al-Qowam cet. I, Oktober 2017)

*Kajian ini ditujukan untuk mengenalkan apa itu manhaj salafush sholih. Bukan kemudian menjadikan kita mengklaim bahwa kita paling salaf atau paling nyunnah.

JALINAN KELUARGA DAKWAH

  ════ ❁✿❁ ════

🌍Tlegram. https://telegram.me/MI_JKD

📧 Milis : http://bit.do/JalinanKeluargaDakwah

📡 Radio Streaming: radiotamhid.com

🌎Website: keluargadakwah.com

☎ CP : 021-29479346

📮 Rek Dakwah: BSM 702 963 6529 a.n: Eko Febrianto QQ JKD

📞 Gabung Grup WA: +62 82114166030

No comments:

Post a Comment